Motor, Mobil, Classic, Tips dan Trik, Modifikasi, Perawatan, Event, Sejarah, Jual, Beli, Info

Mengatasi Kendala Karburator Vakum Pada Motor Satria FU, Scorpio, Beat, Mio, Spin dan Nouvo

Artikel terkait : Mengatasi Kendala Karburator Vakum Pada Motor Satria FU, Scorpio, Beat, Mio, Spin dan Nouvo

Mengatasi Kendala Karburator Vakum Pada Motor Satria FU, Scorpio, Beat, Mio, Spin dan Nouvo - Karburator motor Tipe Vakum (SU), pada dasarnya ialah menggantikan atau pengganti dari karburator tipe skeep konvensional yang bertujaun untuk menghemat bahan bakar atau menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi irit, dan keunggulan Karburator vakum dapat menyesuaikan suplly bahan bakar dan udara dengan kebutuhan kinerja pada mesin.

Mengatasi Kendala Karburator Vakum Pada Motor Satria FU, Scorpio, Beat, Mio, Spin dan Nouvo

Sebelum era injeksi ,  sepeda motor dengan system pengkabut BBM Karburator Vakum didesain untuk meraih efisiensi penggunaan  BBm sesuai  kevakuman  pada  mesin  ,  oleh karenanya  pada  karburator  jenis  Velocity Continous atau sering juga disebut ( CV)  di bagian  atas  kepala  karburator  terdapat karet  membran yang bisa  mengembang- kempis  dan membuka  jarum skep sesuai  vakum  yang  ditimbulkan  oleh pergerakan piston dalam mesin ,  sementara besarnya  bukaan gas diatur  oleh  thorttel valve yang terhubung oleh  handle  gas.


Karburator vakum punya karakter sendiri. Penyakit yang paling sering timbul juga berbeda dengan karburator biasa. Apa saja penyakit karbu di motor sekarang ini?


Karbu Vakum (SU)


Mungkin sebagian dari kalian sudah mengenali karbu motor dengan Tipe Vakum (SU) ini, tetapi bagaimana cara mengatasi kendala yang sering terjadi seperti :
Mesin motor mati bila gas kecil ( langsam tak normal ) dan tenaga berkurang, biasanya sering terjadi seperti ini dan penyakitnya tidak salah lagi pasti ada pada skep, sangatlah sensitive sekali apa bila Skep bermasalah, seperti karet vakum bocor, karet vakum sudah melar, batang skep baret, per skep lemah dan jarum skep-aus, biasanya karna termakan umur.

Karet Vakum Bocor :


Untuk karet vakum bocor dan robek ini merupakan inti dari Mesin motor mati bila gas kecil atau langsam tak normal  dan tenaga berkurang/ngemposs, dan perlu diketahui hal yang harus di lakukan ialah menggantinya dengan yang baru, karna walaupun bocornya kecil dan dilakukan pengeleman ini tak akan bertahan lama, jadi solusi yang tepat ialah diganti, karna untuk Skep dan karet Vakum sekarang ini mudah di dapat baik asli atau yang biasa.


Mengatasi Kendala Karburator Vakum Pada Motor Satria FU, Scorpio, Beat, Mio, Spin dan Nouvo

Karet Vakum Melar :
 
Karet vakum yang melar biasanya disebabkan karna faktor umur juga dan ini mengakibatkan kinerja vakum tak optimal dan bisa membuat motor lambat respon. Solusi tepatnya ialah di ganti pemirsa.

Bantang Skep Baret :

Bantang Skep Baret karna kotoran yang mengganjal, ini menyebabkan lambat respon dan Gas tak stabil, Gas yang kita inginkan terkadang juga tidak sesuai dengan tarikan Gas yang di harapkan, dan performa motor lambat dalam respon.

Mengatasi Kendala Karburator Vakum Pada Motor Satria FU, Scorpio, Beat, Mio, Spin dan Nouvo
Batang Skep   

Untuk solusi bila batang skep mengalami baret dan penuh dengan kotoran (kerak) ialah, cukup dengan kita oleskan semacam Jell konvon/Kit yang biasanya untuk membersihkan dan meratakan kembali permukaan, sehingga menjadi halus, dengan ketentuan hanya sekedar baretnya sedikit, seperti gambar di atas. akan tetapi bila baret atau ausnya terlalu dalam lakukanlah pergantian pada batang skep tersebut, agar cara kerjanya kembali optimal.

Per-Skep Lemah :

Untuk Per Skep yang sudah lemah disaat bekerja dan sudah jelas akan melambatakan naik turunnya Skep, penyebab Per Skep lemah ialah itu hal yang lumrah karna faktor usia, dan solusinya ialah lakukan pergantian saja pada Per Skep tersebut.

Jarum Skep Baret dan Aus :

Mengatasi Kendala Karburator Vakum Pada Motor Satria FU, Scorpio, Beat, Mio, Spin dan Nouvo

Jarum Skep Baret dan Aus, ini dapat menyebabkan motor susah langsam dan kinerja karbu tidak optimal,  dan tentunya untuk pencampuran bahan bakarnya tidak efisien. Untuk jarum Skep sendiri, bila mengalami Baret atau batang jarumnya Aus karna faktor usia lakukan pergantian pada jarum Skep, hanya inilah tindakan dan solusi yang bisa membuat kinerjanya optimal kembal
Catatan :  Sebenarnya untuk karbu tipe Vakum (SU), untuk werawatnya sebenarnya sangat sederhana sekali, tidak perlu terlalu sering melakukan pembongkaran karburator apa bila tidak ada masalah, karna apa bila melakukan pembongkaran Karbu tiap Service, bisa menyebabkan hal-hal seprti diatas, yaitu karet Vakum melar karna sering bongkar pasang, belum lagi bila terkena bensin karet vakumnya bisa menyebabkan karet melar sehingga karet tipis dan terjadi kebocoran pada karet vakumnya. Lakukanlah pengetapan atau kuras saja tidak usah lakukan pembongkaran bila tidak ada masalah, karena karbu tipe Vakum (SU) sangat sensitif sekal.
Demikian artikel Mengatasi Kendala Karburator Vakum Pada Motor Satria FU, Scorpio, Beat, Mio, Spin dan Nouvo. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel CussBray Lainnya :

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    BalasHapus

Copyright © 2018 CussBray | Design by Bamz