Motor, Mobil, Classic, Tips dan Trik, Modifikasi, Perawatan, Event, Sejarah, Jual, Beli, Info

Cara Mudah Menyetel Kopling Sepeda Motor dan Indikasi Kerusakan Pada Kopling

Artikel terkait : Cara Mudah Menyetel Kopling Sepeda Motor dan Indikasi Kerusakan Pada Kopling

Cara Mudah Menyetel Kopling Sepeda Motor - Tidak sedikit pemilik sepeda motor mengalami kopling selip. Penyebab kopling selip sangat beragam. Namun, sebagai tindakan awal ada baiknya anda menyetel kopling. Cara menyetel kopling sepeda motor sangat mudah tidak perlu pergi ke bengkel.

Setel kopling motor kelihatannya gampang. Tinggal putar mur pengunci dan baut penyetel, kampas kopling bisa diatur rapat-renggang melalui kabel penghubung serta tuas pengungkit yang ada di setang. Oleh sebab itu, tenaga motor bisa diatur melalui peranti tersebut. Kelihatannya gampang., tapi jika tidak menggunakan feeling, pasti hasil setingan tidak akan maksimal. Sebab kerja antar tuas kopling dan stut pengungkit di rumah kopling tidak harmonis. Sehingga resiko bakal muncul antara lain terjadi selip dan menyebabkan kampas kopling cepat habis.

Makanya biar kampas kopling tetap awet, baiknya lakukan seting kopling dengan benar dan sesuai aturan. Dijamin penggantian kampas kopling hingga motor menempuh jarak 24.000 km (manual book). Kurang dari itu, setelan kopling tidak tepat. Menyetel kopling pada sepeda motor merupakan bagian dari perawatan sepeda motor. Apabila Anda tidak rajin melakukan pengontrolan terhadap setelan kopling, pasti kenyamanan Anda akan terganggu saat mengendarai sepeda motor. Bagi anda yang tidak pernah utak-atik sepeda motor, menyetel kopling merupakan kegiatan atau pekerjaan yang asing. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai cara menyetel kopling pada sepeda motor.

Menyetel kopling otomatis pada sepeda motor

Cara Mudah Menyetel Kopling Sepeda Motor dan Indikasi Kerusakan Pada Kopling

Sebelum melakukan penyetelan kopling, sebaiknya Anda mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Peralatan yang dibutuhkan untuk menyetel kopling otomatis adalah kunci pas dan obeng minus. Kunci pas berfungsi untuk mengendurkan dan mengencangkan mur pengunci baut. Sedangkan obeng minus berfungsi untuk menyetel baut. Baut setelan kopling otomatis sepeda motor biasanya terdapat pada bak kopling sebelah kanan.

Langkah pertama adalah mengendurkan mur pengunci baut menggunakan kunci pas yang sudah disiapkan. Kemudian putar baut setelan kopling ke arah berlawanan jarum jam hingga terasa mentok. Lalu putar pelan-pelan searah dengan jarum jam, kurang lebih ⅛ hingga ¼ putaran. Satu putaran obeng adalah 90 derajat, maka Anda hanya memutar diantara 11,25-22,5 derajat. Patokan penyetelan ini digunakan untuk mengatur jarak main tekanan stut ke pelat penekan. Coba rasakan apakah setelah sudah pas atau belum. Jalankan sepeda motor, kemudian rasakan perpindahan persneling. Setelah setelan pas, maka mur pengunci dikencangkan. Cara mengencankan mur pengunci dilakukan dengan menahan baut menggunakan obeng minus agar posisi tidak bergeser, kemudian memutar mur pengunci baut menggunakan kunci pas sesuai arah jarum jam.

Cukup sederhana menyetel kopling otomatis pada sepeda motor, kini Anda akan mengendarainya dengan lebih nyaman. Kemudian bagaimana cara menyetel kopling tidak otomatis atau kopling manual pada sepeda motor? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Menyetel kopling manual pada sepeda motor

Cara Mudah Menyetel Kopling Sepeda Motor dan Indikasi Kerusakan Pada Kopling

Agar rangkaian komponen kopling manual bisa bekerja dengan baik, terutama menjaga gerakan buka tutup kampas kopling dan gerakan pelat tetap bebas, maka setiap pemakaian sepeda motor sejauh 1.500 km harus dilakukan pengontrolan. Pengontrolan dilakukan terutama terhadap kampas kopling dan kabel atau kawat kopling. Jika dilakukan pengontrolan secara teratur, yaitu terhadap jarak main kopling, maka kampas kopling dan kabel kopling akan lebih awet dan tahan lama. Jarak main kopling yang ideal dan sesuai dengan instruksi pada buku manual adalah sekitar 2-4 mm pada lebar atau jarak kerenggangan handle. Sebaiknya Anda menggunakan penggaris untuk melihat jarak kerenggangan handle tersebut.

Untuk menyetel kopling manual, terlebih dahulu Anda harus melumasi kabel kopling dengan oli agar tidak seret atau macet, lalu mengendurkan mur pengunci pada handle, kemudian putar baut setelan tersebut. Arah putraran sesuai dengan arah jarum jam agar jarak kerenggangan handle semakin sempit. Jika diputar ke arah yang berlawanan jarum jam, maka jarak kerenggangan handle akan semakin lebar. Setelah jarak kerenggangan sesuai dengan ukuran yang ideal, maka penyetelan dilanjutkan pada kabel kopling bagian bawah. Penyetelan dilakukan dengan mengendurkan baut pengunci lalu putar mur penyetel menggunakan kunci pas dengan arah sesuai pada putaran di tuas kopling bagian atas. Kencangkan mur penyetel tersebut sambil menahan pengunci agar tidak bergerak. Pengecekan setelan kopling dilakukan dengan menjalankan sepeda motor Anda, lalu rasakan apakah sudah pas atau belum. Jika setelan sudah pas, maka Anda akan mengendarai motor dengan nyaman.

Indikasi kerusakan pada kopling sepeda motor

Saat mengendarai sepeda motor yang koplingnya sudah rusak, semestinya akan ditunjukkan dengan tanda-tanda sebagai berikut, handle kopling terasa berat dan keras, terdengar bunyi berisik pada bagian kanan motor Anda, dan motor menunjukkan tenaga yang lemah.
  1. Mesin motor mengeluarkan suara keras saat perpindahan gigi namun tarikan motor tidak terasa
  2. Ketebalan kampas kopling juga bisa diukur dari setelan tuas kopling (kopling manual). Jika tuas kopling sudah terlalu dalam, itu artinya kampas kopling sudah mulai menipis
  3. Pergantian gigi sepeda motor Anda tidak lancar atau bahkan selip
  4. Di saat gas ditarik , sepeda motor tidak mau langsung jalan. Gas ditarik lebih besar lagi , barulah sepeda motor mau jalan.
  5. Di saat jalan menanjak, sepeda motor seperti tidak bertenaga, padahal gas sudah ditarik penuh.( untuk ciri yang satu ini, bisa juga disebabkan karena kampas kopling piringan yang rusak)
Jika sepeda  motor Anda mengalami ciri – ciri seperti ini , maka dapat dipastikan bahwa kampas kopling rusak.  Untuk itu sebaiknya Anda servis sepeda motor Anda ke bengkel , daripada Anda biarkan terus menerus. Memang tak akan mempengaruhi kerusakan komponen – komponen mesin yang lainnya seandaikan Anda tidak segera melakukan perbaikan. Tapi yang akan rusak adalah dompet Anda , karena bensin Anda akan tekor alias boros.

Demikian artikel Cara Mudah Menyetel Kopling Sepeda Motor dan Indikasi Kerusakan Pada Kopling, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, salam hangat, salam cussbray.

Artikel CussBray Lainnya :

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    BalasHapus

Copyright © 2018 CussBray | Design by Bamz