Motor, Mobil, Classic, Tips dan Trik, Modifikasi, Perawatan, Event, Sejarah, Jual, Beli, Info

Motor 2 Tak Produksi Honda

Artikel terkait : Motor 2 Tak Produksi Honda

Motor 2 Tak Produksi Honda - Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda, memang lebih dikenal dengan produk motor 4 Tak atau 4 langkah. Namun, itu bukan berarti pabrikan berlogo sayap itu memalingkan diri dari motor 2 Tak. Bagi anak motor saat ini, anda perlu tau beberapa motor 2 Tak yang pernah diluncurkan Honda.

Motor 2 Tak Produksi Honda

Honda NSR150R

Motor ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1993 silam. Saat itu, Honda mendatangkan NSR150R dalam bentuk CKD dengan beberapa komponen rangka, bodi, dan part mesin yang diproduksi dan dirakit di Indonesia. Motor ini merupakan awal motor sport 2 Tak berteknologi tinggi yang hadir di Tanah Air.
Saat itu, NSR150R seperti melenggang sendirian. Dengan rangka full delta box murni untuk motor balap, pendingin mesin radiator, dan juga teknologi RC Valve, menjadikan NSR150R tak punya lawan sepadan.

Awalnya, NSR150R tersedia dalam warna putih dengan grafis tebal dominan kombinasi warna biru di fairing dan biru muda di fairing bawah hingga buritan. Dipadukan dengan warna rangka delta box, sok depan, swing arm, dan tromol yang berwarna silver, serta calter mesin berwarna hitam.
Rem depan motor ini sudah memakai cakram, namun belakang masih rem tromol. Sementara, kelistrikan disuplai oleh aki 8 ampere.
Karena kepopulerannya, NSR150R mendapat berbagai modifikasi dan pembaruan untuk memanjakan konsumen. Lalu, dirilislah seri NSR150R (1995), NSR150 Astra (1999), NSR150 New RR (1999), dan NSR150SP (2000).

Motor 2 Tak Produksi Honda

Honda Nova Dash 125

Varian ini terlahir setelah melalui masa transisi dari varian Dash ke New Dash di tahun 1998. Perubahan desain bodi menuju ke tatanan lebih sporty adalah tajuk utama motor sport keluaran AP Honda Thai ini.
Di sektor desain, aroma sport 150cc fenomenal Honda saat itu, yakni NSR150SP, sangat kental terasa di Nova Dash 125. Karena itu, motor ini sering disebut “downgrade” dari NSR SP. Nova Dash 125 memiliki desain bodi yang enak dipandang, batok headlamp yang keren, serta buritan seksi ala NSR150SP. Ini masih ditambah frame twinspar mini, double disc brake, plus radiator gambotnya.
Motor 2 Tak berkapasitas 125cc ini tegak layaknya motor batangan, berpendingin cair, berkarburator Keihin PE24, 6 speed, berkompresi padat 7.0:1, serta memiliki model rangka deltabox layaknya motor sport tulen. Sementara, daya kuda yang dimuntahkan motor ini juga relatif besar yakni 22 PS pada 9.000 rpm.


Motor 2 Tak Produksi Honda

Honda NSR250SP
Honda NSR250SP (MC21) merupakan versi “mini” dari kakaknya, NSR500. Berjantung pacu mesin 2 Tak V-Twin 250cc, motor ini mampu menyemburkan tenaga 45 PS (44,2HP) & torsi 37 Nm di medio rpm. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 220 km/jam.
Tak hanya itu, dengan teknologi sasis twin-tube full aluminium, swing arm “Gullarm “ full aluminium dan velg mag-tek yang sangat kokoh dan super ringan menjadikan motor ini hanya berbobot 133 kg.

Motor 2 Tak Produksi Honda

Honda NS400R
Honda NS400R adalah sebuah mahakarya spesial Honda untuk para fans dan konsumennya di tahun 1985, hingga discontinue 2 tahun kemudian di tahun 1987. Secara tampilan, kita memang akan melihat sosok layaknya motor balap tahun 80-an silam.
Motor ini sangat terinspirasi Honda NS500R. Mulai bodywork full-fairing dengan tampilan kotak-kotak, livery rothmans GP (edisi 1986), knalpot ganda, suspensi depan teleskopik plus TRAC anti-dive system, monoshock dengan pro-link system, hingga frame twinspar double-cradle aluminium yang eksotis.
Honda NS400R juga mengadopsi mesin V-3 yang identik dengan NS500R. Untuk sektor dapur pacunya, motor berkubikasi 400cc ini mampu memuntahkan power maksimum hingga 72 HP @ 9.500 rpm plus torsi maksimum 50 Nm @ 8.500 rpm.

Motor 2 Tak Produksi Honda

Honda FSX150
Honda FSX150 merupakan produk diversifikasi dari NSR150RR, yang diluncurkan oleh AP Honda Thailand sejak tahun 1999 hingga 2001 silam. Sementara di Indonesia, motor ini masuk sekitaran 2002.
Motor ini sesungguhnya didukung dengan beberapa part milik NSR150RR yang legendaris. Bedanya, FSX 150 dibekali model fairing yang mirip CBR1100XX, setang yang tinggi dan lebih ergonomis, serta jok boncengan yang menyatu dengan jok rider.
Dibagian sektor dapur pacu, FSX150 dibekali mesin silinder tunggal, 2 Tak, 149cc, liquid-cooled, plus powervalve sekelas RC-Valve yang dikontrol secara elektronik. Motor dengan karburator Keihin PE28 ini diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 37 HP @ 10.000 rpm, serta torsi maksimal di 26,8 Nm @ 9.000 rpm. Sementara, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 180 km/jam.

Motor 2 Tak Produksi Honda

Untuk Honda NSR 150R kini (ketika artikel ini di terbitkan) pasaran belasan juta hingga 60 juta lebih di situs jual beli motor bekas OLX, Honda Nova Dash di angka 85 juta, NSR250SP saat ini di kisaran 150 juta bahkan  honda NS400R dan Honda FSX150 tidak di temukan di situs tersebut.

Harga ini bukan acuan karena kelangkaan dan kondisi motor akan berpengaruh dengan harga jualnya.
Demikian artikel Motor 2 Tak yang pernah di produksi Honda, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, salam damai.

Artikel CussBray Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 CussBray | Design by Bamz