Motor, Mobil, Classic, Tips dan Trik, Modifikasi, Perawatan, Event, Sejarah, Jual, Beli, Info

Jenis Modifikasi Motor

Artikel terkait : Jenis Modifikasi Motor

Jenis Modifikasi Motor - Akhir-akhir ini begitu banyak orang yang memodif motornya dengan berbagai macam jenis, sehingga bagi orang awam, hal tersebut cukup membingungkan. Modifikasi motor yaitu merubah dari satu atau bagian seluruh parts motor dari keadaan standar. Me-modifikasi motor dilakukan oleh seseorang untuk memperindah penampilan motor, menambah performa motor  ataupun sebagai penanda sebuah identitas pada sebuah motor.

Berikut Jenis Modifikasi Pada Motor :


1. Chopper

Adalah model motor yang mempunyai ciri menonjol utama fork/garpu depan yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya. Lingkar ban depan cenderung lebih besar dibanding belakang, bentuk setang juga dimodif menjadi lebih hingga sangat tinggi atau memanjang.

Jenis Modifikasi Motor

Choppers pada awal nya lahir di daratan amerika serikat, yaitu negara yang memproduksi motor Harley Davidson itu sendiri. Pada akhir perang dunia ke II para tentara bermotor amerika serikat dan para mekanik nya memperbaiki seluruh kendaraan motor dan mobil mereka. Pada pada masa itu perang sudah selesai dan banyak sekali motor dan mobil yang masih berfungsi dengan baik tetapi dengan kondisi body atau penampilan yang tidak baik,kemudian para tentara dan mekanik nya mulai membuang bagian dari motor dan mobil yang rusak dan tidak menggangu fungsi mesin itu sendiri,di bagian motor banyak fenders depan dan belakang yang sudah rusak,bagian saddle yang rusak, bagian lampu depan dan belakang yang hancur atau hilang, bagian engine guard depan dan bekang yang rusak.

para tentara pengendara bermotor berkeinginan agar motor mereka lebih ringan dan ingin menghilangkan kesan motor perang yang kusam dan berat bobot beban nya.

2. Bobber

Bobber lahir lebih dulu dibanding chopper, keduanya sama prinsipnya yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap standar. Ciri utama modifikasi bobber terletak pada bagian roda yaitu ban yang cenderung profilnya gendut untuk depan maupun belakang.

Jenis Modifikasi Motor

sebelum munculnya era choppers adalah hadir terlebih dahulu era "bobbers" yang berasal dari kata "bobbed" atau melepaskan sebagian besar beban dari motor, pada umum nya adalah melepas atau memotong fender depan dan belakang dengan tujuan untuk membuat motor menjadi lebih ringan dan juga laju motor lebih cepat dan motor menjadi lebih simple.

Selain itu penampilan motor itu sendiri menjadi lebih unik dan eye cacthing bagi para bikers,aliran bobbed ini juga adalah asal mula dari aliran "minimalist rider" contoh terdahulu dari bobber adalah 1940 indian sport "bob-job" yang telah di hadirkan di pertunjukan "the art of the motorcycle exhibitions" indian scouts dan indian chiefs yang hadir pada masa nya dengan tampilan extra large fenders depan dan belakang yang hampir menutupi keseluruhan roda nya begitu juga dengan luxurius 1941 indian series 441, sementara motor racing hanya menggunakan fenders yang kecil atau bahkan tanpa fenders sama sekali.
ukuran motor yang besar dengan kelengkapan yang selalu full covers menjadi inspirasi bagi para modifikator pada era itu untuk menjadikan motor itu sebagai bahan seni yang indah untuk di olah ulang atau di modifikasi.
Para bobbed dan minimalis menginspirasi generasi selanjutnya menciptakan aliran "cafe racers"
dan "choppers" akan menjadi era baru yang berkembang dan menjelajahi berbagai era aliran modifikasi motor masa sakarang.

3. Hotrod
Hot Rod adalah istilah untuk satu jenis modifikasi mobil yang sangat popular di Amerika. Sedangkan “Hot Rodders” adalah sebutan bagi penganut aliran modifikasi ini. Ciri utama dari aliran Hot Rod adalah penggunaan mesin-mesin dengan ukuran dan tenaga lebih besar daripada mesin aslinya.
Asal muasal dari istilah Hot rod hingga kini masih belum jelas, tetapi ada 2 teori yang diyakini paling masuk akal yaitu : Hot Rod pada awalnya digunakan untuk menamai mobil-mobil yang mesinnya telah dimodifikasi dengan cara mengubah stroke crankshaft dengan ukuran yang berbeda dari ukuran standarnya.

Teori lain menyatakan bahwa istilah Hot Rod adalah kependekan dari kata “Hot Roadster”, yang artinya adalah Roadster yang telah dimodifikasi agar dapat berlari kencang.Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi mobil yang biasa dianut oleh para muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan biasanya diadu di dragstrip. Penampilannya menjadi salah satu nilai plus, maka beberapa diantaranya mengecat ulang mobil-mobil klasik mereka dengan tampilan cat yang gahar. Di komunitas biker, tampilan cat yang gahar (mostly hitam doff + pernik merah atau putih) yang biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran hotrod, tanpa ada ciri khas tampilan tertentu lainnya.

Jenis Modifikasi Motor

4. Jap's Style

Modifikasi Japstyle merupakan aliran modifikasi sepeda motor yang berasal dari negeri Sakura, yang mana penamaan Japstyle sendiri merupakan kependekan dari Japannese Style.


Modifikasi aliran Japstyle sebenarnya sudah mulai eksis medio tahun 1980-an, hanya saja pada tahun itu builder modif motor di Jepang tidak terlalu menganggap atau tidak menamakan hasil karya modifnya dengan Japstyle, hal tersebut dikarenakan belum adanya acuan baku tentang modifikasi motor tersebut.

Jenis Modifikasi Motor

Dalam perkembangannya, Japs Style memiliki berbagai macam aliran, antara lain Braty Style, Street Tracker, Flat Tracker, Street Demon, Japaneesse South Carolina, dan juga Cafe’ Racer. Jadi, pada awalnya muda-mudi Jepang mencontek gaya builder Amerika yang dikenal dengan desain Socal (South California), disana mereka mengadopsi motor pabrikan negaranya sendiri.

Aliran Jap's Style bisa terlihat dari ubahan tangki bensin yang didesain lebih mengecil dan simpel, jok yang dibuat lebih tipis dengan tipe single seater, menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang mungil.

Di bagian keseluruhan bodi motor yang mengusung Jap's Style akan terlihat rangka belakang yang terpangkas habis yang diiringi juga dengan penggunaan ban yang gendut dan lebar, dan juga jarak antara ban depan dan belakang dibuat lebih panjang dari rangka.


5. Bratsyle

Banyak salah kaprah mengenai nama ini, yang sering disalah artikan sebagai nama sebuah aliran modifikasi, padahal Bratstyle merupakan nama sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. beberapa karya workshop ini memang mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakan dengan workshop lainnya, seperti tangki chopper style (dengan tulisan Bratstyle tentunya ), ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna yang cenderung flat dan gelap, dan lainnya.

Jenis Modifikasi Motor

Masyarakat Jepang dikenal sebagai penganut kebanggaan berbudaya dan bangsa yang sangat menjunjung tinggi harga diri, dan mereka tidak mau disebut menjiplak style modifikasi dari luar, maka owner rumah modifikasi Brat memunculkan istilah Brat Style, yang berarti hasil modifikasi bengkel Brat. Dengan mengusung aliran yang tergolong baru di Negara Jepang, banyak rumah modifikasi mengikuti pakem yang telah dibuat oleh bengkel Brat tersebut.

6. Flat Tracker

Flat track merupakan suatu ajang balapan yang dilaksanakan di trek tanah. Tampilan motornya memiliki ciri khas diantaranya tangki yang kecil dan buntut yang meruncing.

Jenis Modifikasi Motor

Karakternya mirip cafe racer. “Berawal dari motor-motor lintasan balap board track, flat track atau dirt track di Amerika, menarik bentuk dan fungsinya yang paling dominan yang sekarang sudah berkembang menjadi gaya modifikasi ini mengedepankan fungsi motor yang bisa dipacu di berbagai  jenis lintasan, baik itu jalan tanah berkerikil atau jalanan aspal.

7. Street Tracker

Street Tracker merupakan paduan dari motor tracker atau enduro dengan motor jalanan, tampilannya layaknya trail tahun2 lama seperti honda XL, suzuki TS, Yamaha DT, namun disesuaikan dengan kebutuhan jalanan. Beberapa motor JDM saat ini juga menganut aliran street tracker, seperti Suzuki Bigboy dan Honda FTR.

Jenis Modifikasi Motor

Termasuk modifikasi turunan dari Flat Tracker atau dapat juga di sebut Flat-Tracker yang sudah dibekali berbagai part (Lampu-Lampu, Spion, dan Plat Nomer) yang membuatnya jadi Road Legal.

8. Cafe Racer

Seperti yang telah diketahui bahwa aliran modifikasi caferacer merupakan aliran modifikasi yang mengadopsi gaya balap tempo dulu. Secara garis besar aliran ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tanpa fairing dan yang menggunakan fairing baik full maupun half.

Aliran cafe racer punya ciri khas yang sangat menonjol, antara lain menggunakan setang jepit, otomatis posisi badan lbh jadi menunduk ketika berkendara. Selain itu, tanki motor dibuat ramping dan memanjang biar lebih enak dijepit paha. Ciri khas lain adalah jok yang rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang dan ke atas kaya buntut tawon.


Jenis Modifikasi Motor

9. Street Fighter
Awal terbentuknya dari motor sport yang masih memiliki full fairing, beberapa pengendara muda di Inggris yang tidak mampu untuk menggantikan fairing rusak setelah kecelakaan, untuk itu mereka melepasnya.
Ciri ubahan street fighter itu sendiri adalah penelanjangan body yang hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor, simpelnya penerang jalan, stang kemudi model flat.

Jenis Modifikasi Motor

10. Trail

Penganut modif jenis ini, harus merubah total penampilan motornya terutama kaki-kaki. Cirinya adalah suspensi yang panjang, ban model kembang tahu atau pacul dengan ukuran ring besar, setang rata, knalpot undertail, ditambah oprekan mesin buat ningkatin torsi.

Jenis Modifikasi Motor

Awalnya sebelum lahir motor trail, sudah ada sepeda motor biasa. Pabrikan motor di Eropa maupun di Jepang masih berkutat memproduksi motor dengan mesin besar. Kira- kira pada dekade 30-an ketika era perang dunia meletus di Eropa, sejarah motor trail bermula dari Shozo Kawasaki, Jepang.

Shozo Kawasaki, pionir motor trail, awal usahanya bergerak dalam bidang perakitan alat-alat perang, seperti pembuatan rudal, mobil tempur, dan peranti pendukung militer lainnya. Kemudian Shozo Kawasaki menjalin kerjasama dengan pabrikan BMW guna membangun pabrik perakitan pesawat.

Kemudian Kawasaki mulai memproduksi sepeda motor dua tak. Setelah Perang Dunia II berakhir, Kawasaki mulai fokus terhadap produksi sepada motor empat tak. Termasuk memproduksi motor-motor segala medan atau motor trail. Pada waktu itu motor trail menjadi kebutuhan guna menunjang pekerjaan di lapangan. Hingga kemudian muncullah kompetisi balap motor cross yang medan lintasannya berupa tanah dengan sejumlah rintangan atau bowl. Sejak itu pabrikan motor Jepang satu persatu memproduksi motor trail. Demikian juga Shozo Kawasaki perintis motor trail mulai menciptakan motor sport. Sampai sekarang Kawasaki Motor terkenal dengan produsen motor sport terbesar di dunia.

11. Scrambler

Aliran ini hampir sama dengan bratstyle namun yang membedakan adalah jenis ban dan type knalpot. Ban untuk aliran modifikasi ini biasanya menggunakan ban dengan motif kotak kotak/ bahkan trail. Sedangkan ciri yang lainnya adalah knalpot yang bukan berada di kolong melainkan berada di samping. Hal ini sesuai dengan roh aliran modifikasi ini yaitu untuk semi off road bahkan mendaki pegunungan.

Jenis Modifikasi Motor

Sejarah awal scrambler bermula di Inggris pada akhir tahun 1920an, dimana pada waktu itu mulai berkembang balap sepeda motor yang lebih mengedepankan kecepatan dibandingkan peraturan. Para pembalap diharuskan memulai lomba dari point A ke Point B di alam terbuka dengan waktu yang sesingkat mungkin untuk menang dengan diharuskan menaklukkan berbagai macam medan.

Pada saat itu produsen kendaraan belum mengenal dan memproduksi model trail, enduro ataupun dirt bike, keadaan tersebut memaksa pada pembalap melakukan modifikasi sepeda motor yang digunakan di jalan raya menjadi motor yang sanggup dipakai di kondisi offroad seperti padang rumput, jalan berlumpur, berbatu dan juga berbukit.

Selanjutnya balap ini mulai berkembang di Amerika dan dilakukan di sirkuit, dan pada tahun 1960-an pabrikan/produsen sepeda motor mulai membuat sepeda motor dengan model enduro/dirt bike yang menyerupai model yang kita lihat saat ini.Secara umum, karakteristik sepeda motor scrambler adalah adaptasi dari sepeda motor jalan raya menjadi sepeda motor segala medan.

Demikianlah beberapa jenis modifikasi motor, sebenarnya masih ada jenis lain seperti Trike Bike, Rat Bike, Drag Style, Thai Look, Touring dan lain-lain, tapi itu masih termasuk turunan dari modifikasi di atas atau dapat pula di mix. Salam hangat, salam cussbray

Artikel CussBray Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 CussBray | Design by Bamz